PPS Teknologi Pembelajaran
Get Adobe Flash player

Sejak tahun 1968 Universitas Negeri Malang (UM) telah menyelenggarakan pendidikan formal bagi sarjana-sarjana yang ingin memperoleh gelar doktor pendidikan, dengan nama Program Pendidikan Sarjana Purna, yang selanjutnya diintegrasikan ke dalam Program Studi Pendidikan Doktor (PSPD). Program Doktor dibuka pada tanggal 1 Februari 1977. Tiga tahun kemudian juga dibuka Program Pendidikan Magister. Berdasarkan Kepres RI No.60 Tahun 1982, tanggal 7 September 1982, Program Pendidikan Doktor secara resmi diubah menjadi Program Pendidikan Pascasarjana dan Doktor. Dengan SK Mendikbud No. 0146/0/1983, tanggal 5 Maret 1983, Program Pascasarjana dan Doktor ditetapkan menjadi Fakultas Pascasarjana (FPS). Berdasarkan P.P. No. 30 Tahun 1990, dan Kepmendikbud No. 0311/0/1991 FPS diubah lagi statusnya menjadi Program Pascasarjana (Pascasarjana) yang meliputi Program Magister dan Program Doktor yang tetap berlaku sampai sekarang. Sampai akhir Semester Genap tahun kuliah 2007/2008 Pascasarjana UM telah meluluskan 374 orang Doktor dan 2548 orang Magister Pendidikan.

Berdasarkan SK Rektor No 01/2010 tanggal 4 Januari 2010 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Pascasarjana, salah satunya mengatur pengelolaan program S1, S2, dan S3 monodisiplin dalam satuan pengelolaa di dalam satu jurusan. Sejak saat itulah penyelenggaraan program studi Teknologi Pembelajaran baik S2 maupun S3 dikelola secara terintegrasi dengan program S1 (Teknologi Pendidikan) dengan tetap mempertahankan nama program masing-masing.

Prodi S-2 Teknologi Pembelajaran (TEP)  tidak bisa dilepaskan dari visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan oleh organ kelembagaan yang lebih tinggi tersebut.  Dengan kata lain, visi, misi, tujuan, dan sasaran yang telah dibuat dan ditetapkan oleh organ lembaga  yang lebih tinggi dijadikan acuan dalam pembuatan visi dan misi program studi.  Hal ini karena secara kelembagaan Prodi S-2 TEP merupakan bagian integral dari organ kelembagaan Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Rumusan  visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi dikomunikasikan kepada seluruh dosen Prodi S-2 TEP sehingga semua dosen diberi kesempatan untuk mencermatinya, kemudian pemantapan penyusunannya  dilakukan oleh tim kecil dosen program studi di bawah koordinator ketua Prodi S-2 TEP. Hasil pembuatan draf visi dan misi oleh tim dosen tersebut kemudian disosialisasikan dan diplenokan kembali kepada seluruh dosen program studi guna mendapatkan masukan-masukan yang berharga untuk kesempurnaan draf yang telah dibuat.

Untuk lebih mematangkan draf visi dan misi program studi,  kemudian draf  tersebut disosialisasikan kepada stakeholders (mahasiswa, lembaga pendidikan dan pelatihan yang selama ini terlibat dan dilibatkan program studi, guru, praktisi teknolog pendidikan, pejabat dikbud, alumni dan perwakilan orangtua mahasiswa) guna mendapatkan saran, masukan, dan kritik untuk penyempurnaan draf.

Tim kecil yang terdiri atas dosen program studi yang telah  ditunjuk tersebut kemudian mengadakan pertemuan khusus guna melakukan perbaikan, penambahan, dan koreksi seperlunya guna penyelesaian draf  akhir. Draf akhir yang telah disempurnakan tersebut kemudian diserahkan kepada pihak program studi dan fakultas guna memperoleh pengesahan dan legalitas. Draf yang telah mendapatkan pengesahan dari pihak pimpinan fakultas selanjutnya dicetak menjadi buku katalog program studi, dan disebarluaskan kepada seluruh civitas akademika Prodi S-2 TEP